Tuesday, July 14, 2020

July 14, 2020

Speedometer sepeda motor adalah bagian dari komponen sepeda motor yang mempunyai fungsi utama sebagai pengukur kecepatan laju sepeda motor, disitu juga terdapat pengontrol volume bahan bakar. Bagian kaca mika speedometer jika sudah terlalu lama akan terlihat buram dan retak - retak, hal ini sangat mengganggu pengemudi motor saat melihat laju kecepatan motor saat berlajan dan juga mengurangi keindahan motor tersebut.

Untuk mengganti kaca mika speedometer tidaklah sulit kita kerjakan sendiri juga bisa, harga kaca speedometer tersebut relatif murah yang original harganya sekitar 25.000 sampai 30.000 sedangkan yang imitasi harganya tidak terpaut banyak tergantung mereknya sekitar 20.000 sampai 25.000.

Untuk mengganti ada beberapa peralatan yang perlu kita persiapkan.
  1. Obeng
  2. Gunting
  3. Rubbing Compound
  4. Sanpoly
  5. Botol Mika Bekas
  6. Kain Majun
  7. Kertas Gosok Halus

Proses pembongkaran

Pada kesempatan ini sepeda motor yang kita pakai sebagai prakek sepeda motor Revo Absolute tahun 2010.Pertama yang kita lepas bagian spion kanan - kiri, lalu kita lepas skrup dibagian batok kepala luar ada 6 skrup,setelah itu kita lepas batok kepala motor tersebut antara bagian depan dan belakang. Setelah bagian depan terlepas ada 2 skrup yang harus kita lepas yang mengikat totok belakang dan stang kemudi, jika totok bagia belakang dan stang setir sudah terlepas, kita lepas skrup di bagian speedometer ada 3 skrup

Proses melepas kaca speedometer

Sebelum kita melepas kaca speedomter, kita persiapkan dahulu alat bantu untuk menghihadi kerusakan pada saat kita melepas kaca speedometer. Kita ambil botol plasik lalu kita potong kecil - kecil menjadi 5 bagian


Selanjutnya kita masukkan potongan mika tersebut pada penjepit antara kaca mika dengan badab speedometer agar kaki - kaki penjepit tersebut tidak sampai patah.

Seperti pada gambat diatas angka 1 sampai 5 itu bagian dari kaki penjepit kaca mika, masukkan satu persatu potingan mika tersebut pada kaki penjepit, pastikan potongan mika tersebut sudah masuk semua, lalu angkat kaca mika yang akan diganti

Pemasangan kaca speedometer baru

Sebelum kita pasang kaca speedometer yang baru kita pastikan dulu kaca yang akan kita pasang barangnya original atau imitasi, kalau kaca pengganti yang kita beli original tidak ada masalah bisa langsung kita pasang.


Tetapi jika yang kita beli imitasi perlu kita hilangkan dahulu logo produksi yang nampak di bagian depan kaca tersebut dengan kertas gosok halus lalu kita compoud dan kita bersihkan dengan sampoly. Karena hal ini berpengaruh pada harga jual jika motor tersebut barang daganagn. Kalau sudah halus tidak ada dan tidak kelihatan bekas gosokannya lalu kita pasang selesai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pengunjung situs ini.

0 comments: