Thursday, September 20, 2018

September 20, 2018

Pada dasarnya pemasangan striping motor dapat langsung ditempelkan seperti di pabrik perakitan motor, asal permukaan sudah dalam kondisi halus dan bersih untuk pemasangan striping pada motor bekas kita perlu melakukan beberapa tahanpan.

  1. Melepas striping yang rusak
  2. Membersihkan body motor
  3. Proses pemasangan striping
  4. Finishing

1. MELEPAS STRIPING

Untuk melepaskan stringping motor yang sudah terpasang lama bahkan bertahun tahun di body motor tidak semuanya dapat di lepaskan dengan mudah, karena striping tersebut sudah terlalu lama kena panas matahari hingga melekat menjadi satu dengan permukaan cat. Sebelum striping kita lepas, sebaiknya kita proses pemanasan agar kita lebih mudah untuk melepasnya dan hasilnya bagus. Untuk proses pemanasan bisa kita lakukan dengan cara menjemur motor tersebut di bawah terik matahari atau dengan menggunakan hair dryer, agar striping yang akan kita lepas lebih fleksibel dan lebih mudah kita melepasnya karena tidak gampang putus atau sobek.. Setelah permukaan body motor dalam kondisi agak panas maka kita lepas dan tarik striping dari ujung striping dengan perlahan lahan agar tidak putus putus dan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. MEMBERSIHKAN BODY MOTOR

Setelah striping sudah terlepas semua maka kita bersikan body motor dengan menggunakan bensin atau minyak kayu putih, ini gunanya untuk membersihkan bekas lem yang menempel di body motor. Setelah bekas lem yang menempel di body motor sudah bersih, maka kita kompon permukaan body motor tersebut dengan menggunakan rubbing compound untuk membersihkan kotoran bekas lem atau untuk menghaluskan permukaan cat pada body motor yang permukaan catnya orange peel ( kulit jeruk ). Gunakan kompon halus warnanya putih, agar tidak memakan permukaan cat terlalu banyak. Pastikan permukaan cat benar benar halus dan berkilau.

3. PROSES PEMASANGAN STRIPING

Dalam proses pemasangan alat alat yang perlu kita siapkan adala sebagaiberikut :
  • Sunlight
  • Semprotan air
  • Majun
  • Tissue
  • Cutter
  • Air bersih
  • Sandal bekas potong segi empat
Setelah permukaan cat sudah kelihatan berkilau, lalu bersihkan permukan tersebut dengan menggunakan sunlight dan air bersih yang telah dimasukkan ke dalam semprotan air agar sisa sisa kompon yang menempel dapat dibersihkan. Siapkan striping yang akan dipasang pada motor tersebut. Sebelum striping di pasang pada body motor, basahi dahulu bagian dalam striping, dengan menggunakan cairan sunlight yang di campur dengan air bersih, agar kita lebih mudah dalam mengatur posisi dan presisi striping tersebut saat pemasangan. Setelah dibasahi tempelkan salah satu bagian ujung striping pada body motor, kalau sudah menempel pada body motor maka keluarkan sisa air yang ada di balik striping tersebut, dengan menggunakan potongan sandal bekas, sampai permukaan striping rata dan presisi tanpa ada gelembung udara.

4. FINISHING

Jika dalam proses pemasangan terdapat gelembung udara, maka lubangi gelembung tersebut dengan menggunakan jarum atau cutter lalu panaskan dengan menggunakan hair dryer atau dengan korek api asal tidak boleh terlalu lama. Setelah striping sudah terpasang semua pada bagian body motor, periksalah bagian luar striping panaskan dengan menggunaka hair dryer atau di jemur 3 jam sampai 4 jam pada siang hari.
Demikian tips / cara pemasangan striping yang dapat saya sampaikan, selamat mencoba semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog ini.

0 comments: