Tuesday, August 4, 2020

August 04, 2020

Bagi pedagang motor bekas cat merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan selain bagian mesin, karena cat merupakan tampilan yang menjadi perhatian awal bagi para calon pembeli. Untuk menekan biaya produksi kita bisa melakukan pengecatan sendiri.Alat dan bahan yang kita butuhkan murah dan mudah untuk kita dapatkan

Alat dan Bahan

  1. Spray Gun
  2. Pompa angin
  3. Cat
  4. Tinner
  5. Kertas Gosok 
  6. San Polac / Dempul
  7. Epoxy / Dempul Halus
  8. Isolasi Kertas

Proses Awal

Sebelum proses gosok, motor yang akan kita cat kita cuci dahulu, gunanya untuk menghilangkan bekas minyak dan kotoran yang menempel pada body motor, bekas oli yang menempel pada body motor dapat mengurangi daya rekat cat pada permukaan motor. Setelah kita pastikan kondisi motor sudah bersih dari bekas oli dan kotoran, selanjutnya kita gosok bagian yang akan kita cat, jika ada permukaan body yang lecet atau cacat yang agak dalam cacatnya dan perlu kita dempul gunakan san polac tipis tipis agar cepat kering dan selanjutnya gunakan epoxy / dempul halus untuk menutupi pori pori pada bagian yang akan kita cat.


Gosok dengan amplas halus jika permukaan motor yang kita dempul sudah mengering, pastikan bagian yang akan kita cat benar - benar halus dan rata sesuai dengan permukaan bidang motor.

Sebelum pengecatan sebaiknya cek dahulu kekentalan cat dan tinner agar hasilnya maksimal. Pertama gunakan cat dasar tipis - tipis agar cepat keringdan tidak meleleh. Untuk pengecatan dengan bidang vertikal upayakan tipis - tipis, karena proses ini sering terjadi meleleh. Lakukan cat dasar hingga dua kali sampai rata, selanjutnya lakukan pengecatan sesuai dengan warna yang sudah di rencakanan. Untuk jenis cat metalic saat finishing ada tambahan cat yaitu clear atau pernis agar hasil pengecatan mengkilat.

Untuk pengecatan jenis cat solid tidak terlalu perlu menggunakan clear atau pernis karena type solid tidak mengandung timah hitam. Seperti gambar diatas jenis cat solid atau gloss.

Prose Finishing

Setelah cat benar- benar kering, lakukan pengomponan dengan menggunaka rubbing compound warna putih. Pengompona fungsinya untuk menghaluskan permukaan cat agar lebih halus dan berliau, karena saat proses pengecatan biasa ada bagian yang terjadi pengapuran, orang peel dan meleleh. Gunakan rubbing compound tipis- tipis akan tidak mengikis permukaan cat terlalu banyak, gosok perlahan lahan halus dan berlialu, lalu tambahkan san poly ataui lit agar lebih kinclong dan memantulkan bayangan.

0 comments: