Monday, September 24, 2018

September 24, 2018

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan yang cukup besar di kehidupan kita, terutama di bidang bisnis online. Penerapan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi ini yang harus dapat kita manfaatkan didalam bisnis tanpa modal besar.
Di zaman millenial seperti sekarang ini, kita sudah dipermudah oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tidak semua usaha yang akan kita jalankan membutuhkan modal besar, namun untuk memulai usaha tanpa modal besar diperlukan kemauan dan kerja keras. Kita tidak selalu membuat produk sendiri, karena hal seperti ini akan membutuhkan modal besar bagi pebisnis pemula. Banyak para pebisnis yang mempunyai pola pikir ingin menangani semua usahanya sendiri dari produksi sampai pemasaran. Padahal untuk menjalankan usaha, perlu kolaborasi dengan mitra kerja kita ,seperti yang saya alami selama ini. 
Saya sebagai pedagang motor bekas saat memulai usaha yang saya jalankan tidak mempunyai modal besar, inisedikit cerita pengalaman saya sebelum menjalankan usaha motor bekas, saya bekerja di perusahaan swasta, bergerak di bidang pembiayaan sepeda motor dari sini saya mulai menganal dealer dan pedagang motor bekas.

MAKELAR SEPEDA MOTOR

Pada awalnya, saya usaha motor bekas, saya hanyalah seorang mediator atau sebagai makelar. Untuk memulai usaha seperti ini pertama kali yang perlu saya lakukan, mencari informasi barang dan harga dari dealer motor baru dan  pedagang motor bekas serta mencari orang yang akan membeli barang. Informasi tersebut biasanya banyak kita dapatkan dari iklan media online dan media cetak. Setelah mendapat informasi barang yang akan dijual, lalu kita iklankan lewat internet, karena dengan menggunakan media informasi teknologi pangsa pasarnya sangat luas. Dari proses seperti ini saya banyak mendapat keuntungan, selain komosi berupa uang dapat juga keuntungan berupa pelanggan baru dan mulai mengenal jaringan pedagang motor bekas secara luas.
Ini salah satu contoh usaha tanpa modal besar. dari usaha seperti ini kita bisa mendapatkan keuntungan setiap transaksi antara 300.000 sampai 500.000. Kalau kita sudah berpengalaman setiap bulan kita bisa menjual motor antara 10 unit sampai 15 unit dengan keuntungan antara bulan 3.000.000 sampai 7.500.000

BIRO JASA STNK

Bisnis motor bekas sangat erat hubunganya dengan usaha biro jasa STNK. Sekali melangkah dua keuntungan yang bisa kita dapatkan, kalau kita cermat, konsumen yang pernah membeli sepeda motor melalui kita, baik motor baru maupun motor bekas wajib kita buatkan data base termasuk juga data sepeda motornya. Kalau ada data basenya kita dapat mengetahui jatuh tempo masa pajaknya  berakhir dan sebulan sebelum masa pajak berakhir pelanggan wajib kita hubungi untuk menawarkan bantuan jasa pengurusan pajak STNK, Selain cari pelanggan dari sini kita bisa, cari pelanggan melalui teman dekat kita, tetangga atau melalui medsos. Melalui bisnis jasa ini kita tidak perlu membutuhkan modal yang besar , dan prosesnya sangat mudah untuk kita kerjakan. Keuntungan jasa dari setiap STNK 25.000 kalau setiap hari kita dapat 6 sampai 10 konsumen, berarti pendapatan kita ;
Jika setiap hari kita dapat pelanggan 6 orang x keuntungan setiap stnk 25.000 =  maka setiap hari kita dapat keuntungan 150.000 maka setiap bulan kita dapat keuntungan 150.000 x 26 = 3.900.000, Ini usaha tanpa modal besar.

MAKELAR RUMAH

Jika anda mempunyai kemampuan dibidang penjualan dan mempunyai komunitas di berbagai medsos, maka anda bisa mencoba menjadi seorang perantara / mediator properti. Keuntungan sebagai perantara bisa kita dapatkan dari kedua belah pihak, antara dari pembeli dan penjual. Untuk memulai usaha seperti ini, bisa kita mulai dari orang dekat kita, misalnya kalau ada saudara, tetangga dan teman bahkan bisa dari iklan. Pertama yang anda perlukan mencari informasi orang yang akan menjual properti, bisa dari saudara, tetangga, teman atau dari medsos lalu kita tawarkan jasa kita ke penjual.



0 comments: